Sarapan Pagi Kaya Nutrisi


Sarapan sehat dapat mengurangi resiko obesitas, diabetes, maagh, kolesterol, penyakit jantung, dan stroke

Sebagian besar masyarakat Indonesia punya tingkat kesibukan yang luar biasa dipagi hari. Mulai dari ayah yang harus bekerja di kantor, ibu yang harus membersihkan rumah, dan anak- anak yang harus bersekolah. Ini membuat banyak keluarga Indonesia kurang memperhatikan sarapan pagi mereka. Ada yang makan roti ala masyarakat barat, makan karbo kebanyakan, bahkan ada yang tidak sarapan.

Penelitian Cueto S (2001) serta Cueto S dan Chinen M (2008) menunjukkan bahwa anak sekolah yang sarapan meraih skor tes memori, tes penyelesaian masalah, dan prestasi belajar lebih baik dibanding yang tidak sarapan.

Ini nih ada juga penelitian lain tentang sarapan sehat

Sebuah penelitian menunjukkan mereka yang rutin sarapan pagi yang tepat memiliki berat badan yang lebih ideal ketimbang mereka yang melewatkan menu sarapan pagi. Harvard men’s health menyatakan bahwa mereka yang tidak sarapan pagi, memiliki resiko obesitas 4x lipat ketimbang mereka yang sarapan pagi dengan menu yang kurang tepat.

Bagaimana? Masih gak percaya kalau sarapan sehat itu penting??? Oke mari kita bahas bersama…^_^

Sarapan sehat di pagi hari memberi kekuatan metabolisme sepanjang hari. Sarapan pagi berguna untuk mengganti waktu malam yang tak terisi makanan dan meambah kebutuhan gula anda. Di pagi hari, setelah anda berhenti makan selama 12 jam, zat gula dalam tubuh akan turn ketingkat yang paling rendah. Saat ini terjadi, tubuh anda menggantinya dengan melepaskan zat gula yang tertimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glikogen.
Pada saat kita bangun tidur, tubuh kita menuntut sekitar 114 macam nutrisi untuk masuk ke dalam tubuh kita memenuhi kebutuhan sel-sel tubuh kita.
Tubuh kita tersusun kira-kira 100 trilyun sel, yang semuanya membutuhkan makan di pagi hari setelah semalaman bekerja untuk memperbaiki diri dan detoksifikasi alami tubuh. Sarapan sehat yang kaya nutrisi penting untuk bahan bakar otak, diet sehat, kekebalan tubuh, dan memberikan “mood” yang baik sepanjang hari. Selain itu, sarapan sehat sangat berguna untuk memperbaiki memori.
Penelitian terakhir membuktikan bahwa tidur semalaman dapat membuat otak kita kelaparan. Jika kita tidak mendapatkan glukosa yang cukup pada saat sarapan, maka fungsi otak atau memori dapat terganggu.
Sarapan sehat menyediakan proporsi nutrisi yang signifikan untuk kebutuhan sepanjang hari. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari.

Sarapan sehat yang baik akan membantu anda mengontrol rasa lapar yang berlebih, dimana ini dapat mencegah anda makan berlebihan di siang hari.

Sarapan sehat juga berguna bagi anda pasangan suami-istri yang mengalami gangguan kesuburan dikarenakan pola makan dan gaya hidup anda yang kurang baik. Sarapan sehat ini bisa membantu anda dalam hal terapi kesuburan dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga tubuh anda dalam keadaan yang sehat dan bugar.

Tercukupinya vitamin B kompleks, vit D, vit C, vit E, asam folat, selenium, zinc, asam amino essensial dan beberapa mineral penting lainnya di pagi hari sangat membantu mengembalikan kualitas kebugaran dan kesehatan tubuh anda, yang akan menciptakan sel telur dan sperma yang berkualitas.

Nah, sarapan kaya nutrisi dan sehat itu banyak sekali ya manfaatnya. Bagaimana sarapan pagi kita? Mau tau menu sarapan sehat yang baik? Silahkan membuka categori Menu Sehat pada site ini dan pilih menu Makan Pagi. Semoga bermanfaat…^_^

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s