Tidur Siang di Bulan Ramadhan


Image

“Tidurnya orang yang sedang berpuasa itu ibadah”

Apa anda salah satu orang yang setuju dengan anggapan di atas? Ya, di bulan puasa kita bisa melihat perubahan pola makan dan pola tidur manusia. Perubahan ini tentu akan mempengaruhi kinerja manusia. Keharusan bangun dimalam hari untuk sahur membuat banyak orang bangun lebih siang dan lebih sering mengantuk. Tak sedikit juga orang yang merasa lebih malas dan ingin segera tidur siang saat ramadhan.

Sebenarnya penelitian telah menunjukkan bahwa durasi waktu tidur rang- orang di bulan ramadhan tidak berbeda dengan bulan lainnya. Orang memang akan bangun di malam hari, namun mereka cenderung menambah tidur hingga pagi hari. Hal ini disebabkan karena perubahan jadwal dan pola makan saja.

Lalu apakah tidur siang di bulan ramadhan itu akan menyehatkan badan?

Di bulan ramadhan normalnya suhu tubuh manusia akan bertambah di malam hari (setelah berbuka). Hal ini membuat kita susah mengantuk dimalam hari. Itulah sebabnya kenapa manusia lebih aktif di malam hari. Tapi efek buruknya, suhu manusia di siang hari akan menurun (tidak makan dan minum), hal ini membuat orang mengantuk di siang hari.

Kesehatan Tidur

Tidur yang sehat adalah kebutuhan dasar manusia yang harus terpenuhi. Tidur bukan hanya mengistirahatkan otot, saat tidur tubuh mengalami perbaikan, detoksifikasi (mengeluarkan racun), dan membentuk hormon- hormon imunitas (kekebalan tubuh).

Otak Tetap Aktif Saat Tidur

Meski tampak pasif dan aktivitas otak turun 40%, tapi otak tetap bekerja. Otak akan menghasilkan gelombang otak undulation kecil yang bakal diselingi arus listrik. Selingan ini akan menyebabkan kita tidur pulas atau tidur dengan bermimpi.

Mata Bisa Bergerak Ketika Tidur

Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh ini berhubungan dengan adanya pembakaran Oksigen dan makanan. Hasil dari metabolisme tubuh ketika tidur adalah dibentuknya hormon, sistem kekebalan tubuh, dan suhu tubuh. Jika tidur kita sehat maka pertumbuhan sel akan bagus sehingga dapat menyehatkan kulit (keremajaan), memperlancar sistem peredaran darah, dan sistem pencernaan.

Di bulan puasa banyak orang cenderung tidur di siang hari. Ketika tidur proses metabolisme akan tetap berjalan. Maka, pastikan ketika sahur anda memenuhi gizi dan nutrisi baik yang diperlukan tubuh. Jadi ketika anda tidur siang metabolisme akan berlangsung baik dan tubuh anda akan menjadi lebih sehat. Namun, usahakan tidur siang anda tidak lebih dari 1 jam karena itu lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s