Tahukah Anda Menu Makan Siang Seimbang Itu Penting!!!!


Taukah Anda, makanan yang kamu pilih untuk makan siang setiap hari memengaruhi kesehatan? Banyak dari kita yang sibuk di siang hari hingga akhirnya memilih menu makanan cepat saji, tetapi sering kali miskin gizi, anda boleh saya pergi ke tempat makan murah yang terpenting menu gizi yang di tawarkan seimbang alias memenuhi syarat asupan gizi anda, oleh karena itu jangan abaikan makan siang anda dengan menu yang seadanya dan jaga kesehatan anda dengan asupan gizi yang seimbang.

Jangan membuat kesalahan dengan makan siang yang tinggi sodium, lemak, dan gula, di mana semua tidak sehat. Semoga tips ini akan memastikan kamu mendapatkan hasil maksimal dari makan siang:

• Ganti roti putih yang biasa kamu kudap dengan gandum atau roti gandum yang lebih sehat, dan tinggi serat.

• Beli kerupuk yang rendah natrium, serta kudap juga keripik, pretzel, dan kacang. Hal ini dilakukan untuk menjaga makanan ringan sepanjang harimu.

• Batasi jumlah makanan olahan yang kamu konsumsi. Hindari makan siang microwave beku, keripik kentang, dan mie ramen.

• Perlu diingat bahwa daging makan siang pra-paket dikemas dengan kalori, nol nutrisi, dan natrium terlalu banyak. Untuk itu cobalah daging merah segar sebagai alternatif sehat.

• Gunakan penambah rasa yang rendah lemak atau bebas lemak mayo, salad, keju, dan yogurt.

• Pengganti snack yang paling pas kamu makan ialah buah. Anggur, apel, jeruk, dan irisan melon sangat ideal untuk orang-orang yang ingin selalu sehat. Buah-buahan kering seperti aprikot, kismis, keripik apel, dan keripik pisang adalah alternatif lezat untuk kudapan tidak sehat.

Tapi meskipun makananmu sudah 4 sehat bahkan 5 sempurna, gizi makanan masih akan sulit diserap maksimal oleh tubuh jika kita tidak memiliki pola makan yang sehat pula. setiap tubuh memiliki pola waktu bekerja, sehingga konsumsi terhadap menu sehat harus dibarengi dengan pengetahuan pola sehat. menurut pakar ahli gizi andang gunawan, tubuh memiliki rentan waktu untuk melakukan tugas-tugasnya, dalam artian sebagai berikut : 

  • Fase Pembuangan : dalam fase ini dimana tubuh melakukan proses pembuangan atas semua makanan yang telah kita makan sebelumnya, rentan waktu diantara pukul 04.00 – 12.00. sehingga dalam rentan waktu tersebut sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan-makanan berat. menurut andang dipagi hari banyak konsumsi buah-buahan akan sangat efektif, karena pada saat ini tubuh sangat memerlukan sumber energi sekaligus membantu dalam proses pembuangan.
  • Fase Pencernaan : dalam fase inilah menu makanan 4 sehat bisa dinikmati, tapi non buah, karena buah sudah kita konsumsi pada fase sebelumnya atau pada pagi hari. rentan waktu sekitar pukul 12.00 – 20.00.
  • Fase penyerapan : rentan waktu pukul 20.00 – 04.00, sehingga sangat dianjurkan untuk menghentikan aktifitas makan.

Nah, sekarang jelas bukan, bahwa pengetahuan terhadap menu makanan sehat pun tidak cukup jika tidak dibarengi dengan konsep pengetahuan pola hidup sehat, keteraturan dalam mengkonsumsi makanan bisa dikatakan merupakan diet alami, sekaligus akan menjaga tubuh tetap dalam kondisi sehat.

Satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah kewaspadaan terhadap makanan yang kita makan. hal ini dikarenakan semakin banyaknya tindak kecurangan dari pedangang untuk mencapai keuntungan yang maksimal, sehingga makanan yang kita makan, kadang banyak mengandung zat-zat yang berbahaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s